Hitam Putih

welcome to Hitam Putih .. !!enjoy with my Blog

Senin, 26 Desember 2011

ALGORITMA

Postingan kali ini akan membahas tentang algoritma .

Selamat membaca dan semoga bermanfaat !!

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah urutan-urutan dari intruksi-intruksi untuk memecahkan masalah secara logika. Algoritma sebaiknya disusun sebelum membuat suatu program. Kriteria umum suatu algoritma adalah :

  • Ada input dan output
  • Efektivitas dan eisien
  • Terstruktur

Algoritma dapat diekspresikan melalui tiga cara, yakni;

1. Structured Indonesian (SI)

yakni penulisan urutan langkah yang dilakukan oleh programmer sesuai dengan bahasa sehari-hari (dalam hal ini Bahasa Indonesia).

2. Pseudocode

adalah penulisan algoritma yang menyerupai kode program. Pseudo sendiri berarti imitasi atau tiruan atau menyerupai, sedangkan code menunjuk pada kode program. Pseudocode didasarkan kepada bahasa pemrograman yang sesungguhnya seperti BASIC, PASCAL atau FORTRAN. Penulisan Pseudocode masih tetap bersifat umum, artinya boleh ditulis dengan menyerupai bahasa pemrograman tersebut. Latar belakang programmer sangat berpengaruh dalam menuliskan pseudocode. Programer yang familiar dengan Bahasa BASIC akan lebih mudah dan senang menuliskan pseudocode dalam Bahasa BASIC, begitu juga yang berpengalaman dengan Bahasa Pascal tentunya akan lebih memudahkan jika pseudocode-nya mirip bahasa Pascal. Pendekatan yang terbaik disesuaikan kepada kemampuan siswa dan Pemrograman apa yang akan dipelajari oleh Siswa itu sendiri.

Contoh Lain Algortima dan Pseudo-code :

3. Flow Chart

adalah bagan alir yang menggambarkan urutan langkah/aliran program secara logika. Flow Chart banyak dipakai untuk menggambarkan algoritma dengan bantuan symbol symbol tertentu yang telah disepakati secara internasional. Dengan adanya symbol/lambang lambang tersebut dan ditambah notasi penjelasannya, maka logika pemrograman dapat dimengerti dengan mudah. Bagi yang sudah familiar dengan Microsoft Word, symbol-symbol Flow Chart dapat di tampilkan dengan langkah Insert-Shapes-Flowchart yang akan menampilkan lambang sebagai berikut;

Sebagai ilustrasi berikut ini contoh Flowchart Menghitung persegi panjang;

Pada saat pembuatan flowchart, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar flowchart yang dibuat mudah dipahami, antara lain :

  • Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
  • Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
  • Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan

Dari ketiga cara penulisan Algoritma (SI, Psedocode dan Flowchart) kesemuanya itu bersifat independent terhadap semua bahasa pemrograman, artinya Algoritma yang kita buat dapat dipakai oleh setiap bahasa Pemrograman. Hanya mungkin saja dari cara penulisan pada “program komputernya” (syntax) yang sedikit berbeda dan keyword (kata kunci) untuk melakukan perintah.

Penulisan “Print” dalam Bahasa BASIC , jika dalam Bahasa PASCAL diekspresikan dengan “Write” atau Writeln. Algoritma dapat diibaratkan Resep Masakan yang ditulis dalam berbagai bahasa, dan orang akan bisa membuatnya selama orang tersebut memahami bahasa yang dipakai untuk menulis resep masakan tersebut.


| Free Bussines? |

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar! buka rahasia

Poskan Komentar